Jumat, 09 April 2010

BAB V

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan
Setelah melakukan asuhan kebidanan komprehensif pada Ny. R maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Asuhan kebidanan ibu hamil Pada Ny. R sudah sesuai dengan standar asuhan pelayanan kebidanan antenatal care Ny. R memeriksakan kehamilan secara teratur dan rutin di puskesmas, walaupun pada kehamilan 39 minggu ibu terdeteksi dengan letak sungsang.
2. Persalinan Ny. R pada umumnya berjalan dengan lancra. Walaupun proses persalinan tidak normal yaitu letak bokong tetapi berjalan dengan lancar. Ibu di pantau dengan menggunakan partograf yang merupakan alat bantu untuk memantau kemajuan persalinan.
3. Asuhan kebidanan pada ibu nifas Ny. R sesuai dengan standar kunjungan rumah pada ibu postpartum yang dinamakan kunjungan rumah meliputi kunjungan 6 hari postpartum, 2 mingu post partum, 6 minggu post partum dengan keadaan ibu baik.
4. Asuahan kebidanan pada bayi Ny. R keadaan umum ibu baik, tidak ada kelainan ataupun komplikasi, bayi dilakuakan IMD pada saat kelahiran. Bayi diberikan tetes mata atau salep mata, dan vitamin K untuk mencegah terjadinya infeksi dan terjadinya perdarahan.





5.2 SARAN
1. Mahasiswa kebidanan
Mahasiswa kebidanan diharapkan selalu memberikan asuhan kebidanan secara komprehensif pada setiap kasus kebidanan khususnya pada kasus Letak Sungsang dan mampu memberikan konseling mengenai penatalaksanaan Letak Sungsang.
2. Bagi Bidan Praktek Swasta
a. Peningkatan mutu pelayanan disemua jenis pelayanan kesehatan kebidanan secara komprehensif sehingga ibu dengan letak sungsang dapat menjalani persalinan dengan aman.
b. Meningkatkan promosi kesehatan khusunya pada ibu hamil dengan memberika konseling rutin.
c. Meningkan sarana dan prasarana bagi semua pelayanan kesehatan khusunya kebidanan, dan selalu menyediakan prasarana secara lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar